Postingan Terakhir
- Dapatkan link
- X
- Aplikasi Lainnya
PERAWATAN DAN PEMELIHARAAN HARIAN UNIT ALAT BERAT EXCAVATOR
Hallo Sobat AB
Yap untuk menjaga performa unit Alat Berat tentunya diperlukan perawatan secara berkala. Betul tentunya hal tersebut dapat dilakukan dengan berupa pengecekan oleh mekanik yang dibantu oleh operator.
Pengecekan ini terbagi menjadi 2 bagian yaitu :
- Pengecekan pada saat sebelum menyalakan mesin
- Cek selang - selang pada unit , apakah aman dan tidak memungkinkan terjadi kebocoran oli, solar, air dan lainnya.
- Cek seal - seal yang terdapat pada unit seperti Seal cylinder bucket, seal arm, seal boom dan seal - seal yang menempel pada unit
- Cek keausan diarea bucket seperti pin, link I, link H dan bucket
- Cek kekencangan track serta kekencangan track shoes yang menempel pada track link
- Cek keausan sprocket dan idler
- Cek roller - roller yang menyangga tracklink
- Periksa bagian kabin dan body pada unit
- Periksa level oli mesin
- Periksa level air radiator
- Periksa level oli Swing
- Periksa level oli hidraulik
- Periksa air aki, apabila unit menggunakan aki basah
- Periksa air wiper
- Periksa jumlah solar pada unit
- Periksa ketegangan v-belt pada engine
- Periksa kabel - kabel elektrikal pada unit
- Periksa filter - filter pada mesin, apabila terdapat filter yang sudah kotor sebaiknya dibersihkan terutama filter udara pada mesin
2. Pengecekan pada saat pemanasan mesin
Proses inspeksi kali ini merupakan proses yang krusial dimana harus dilakukan dengan teliti agar tidak membahayakan user pada saat unit beroperasi. Biasanya pemeriksaan ini dilakukan pada saat engine dalam keadaan low idle agar memudahkan pada saat proses inspeksi. Inspeksi kali ini dibagi menjadi 2 bagian yaitu pemeriksaan kelayakan unit dan fungsi penggerak unit.
Kira - kira indikator apa sih unit dikatakan layak beroperasi?
- Periksa tekanan oli mesin
- Periksa indikator bahan bakar
- Periksa indikator arus baterai/aki
- Periksa temperature pada mesin
- Periksa lampu pada unit
- Periksa suara mesin
- Cek asap yang keluar dari mesin
- Periksa temperature AC/blower pada kabin
- Periksa Wiper
- Periksa fungsi switch lever/lock handle pada unit karena ini merupakan hal yang paling awal dilakukan, jangan sampai fungsi ini error karena dapat berakibat fatal, bayangin aja kalo handlenya tidak terkunci, khawatir tiba - tiba ngeswing sendiri heuuuy
- Periksa fungsi handle pada unit , nah ini nih jangan sampai nanti handlenya ga sesuai yang harusnya swing kiri malah sebaliknya hehe, ini bahaya banget soalnya
- Periksa fungsi penggerak undercarriage, yak ini juga harus diperiksa jangan sampai error
- Periksa bagian pengatur throttle, nah tentunya untuk mengatur performa mesin fungsi ini sangat berpengaruh karena biasanya unit alat berat excavator agar dapat bekerja maksimal harus dengan RPM yang tinggi.
Oke sobat AB, sekian penjelasan mengenai P2H Excavator setahu saya, mungkin kawan - kawan ingin menambahkan saran bisa komentar dibawah yaa. Terimakasih
See you next post
- Dapatkan link
- X
- Aplikasi Lainnya
Postingan yang lainnya
BOMAG : BW. 170 Service Manual
- Dapatkan link
- X
- Aplikasi Lainnya
Rahasia di Balik Alat Berat yang Produktif
- Dapatkan link
- X
- Aplikasi Lainnya
BOMAG : Manual Book Service BW. 135AD/BW. 138AC Tandem Vibratory Roller
- Dapatkan link
- X
- Aplikasi Lainnya
DITANTANG JADI MECHANIC PLANNER HEAVY EQUIPMENT?
- Dapatkan link
- X
- Aplikasi Lainnya
Excavator Kobelco SK200-10 : Unit Handal , Tangguh dan Minim Perawatan
- Dapatkan link
- X
- Aplikasi Lainnya
Komentar
Posting Komentar